Header Ads

Model Atom, Teori Atom dan contoh Soalnya

Halo bagaimana kabarnya adik-adik pencinta Fisika, kali ini kak yusuf akan memberikan sedikit pengetahuan kakak dengan salah satu materi semester 6 kelas 12 semester 2 yaitu tentang "TEORI ATOM". Atom hidrogen merupakan atom yang paling sederhana karena hanya memiliki satu proton dan satu elektron sehingga sering digunakan sebagai model ideal sebagai aspek mengenai gejala atomik. mari kita bahas teori-teori atom dari masing-masing ilmuwan fisika dari Model Atom DALTON, Model Atom Rutherford, Model Atom Thomson, Model atom Neils Bohr.
 

Model Atom Dalton

Saat kalian smp mungkin kalian pernah dengan tori bahwa atom adalah bagian terkecil dari suatu zat. Inilah teori yang di buat oleh ilmuan berkebangsaan Inggris pada awal abad ke-19 John Dalton (1766-1844) teorinya bila di rangkum berisi sebagai berikut :
1. Zat terdiri dari atom-atom yang merupakan sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi
2. Atom-atom penyusun suatu zat tertentu memiliki sifat yang sama
3. Perbedaan antara suatu zat dengan zat yang lain disebabkan oleh perbedaan atom-atom penyusunnya
4. Reaksi kimia pada dasarnya merupakan penyusun kembali atom-atom penyusun zat.
5. Dalam reaksi kimia jumlah atom yang telibat memiliki perbandingan tertentu yang sederhana

Nah teori atom Dalton ini yang akhirnya di bantah dan dinyatakan Salah oleh J.J. Thomson melalui percobaan sinar katoda yang menemukan bagian dari atom terdiri dari zat yang lebih kecil yaitu elektron.

Model Atom Thomson

Percobaan sinar katoda menemukan bahwa atom terdiri dari muatan listrik yang kita kenal dengan nama elektron akhirnya pada tahun 1897 Thomson menyusun model atom yaitu :
1. Atom bukan merupakan bagian terkecil dari zat
2. Atom berbentuk bulat dengan muatan positif dan muatan negarif tersebar merata diseluruh bagian atom
3. Jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif sehingga atom bersifat netral
4. Massa elektron jauh lebih kecil dari massa atom




Jika digambar model atom Thomson ini mirip dengan buah semangka dimana biji-biji buah semangka menggambarkan elektron-elekttronnya




Pada tahun 1911 teori Thomson digantikan oleh Teoti Rutherford yang menyatakan muatan positif dan muatan negatif tidak tersebar meratadi seluruh bagian atom melainkan terkonsentrasi di bagian tengah yang kemudian dikenal dengan inti atom.



Model Atom Rutherford

Percobaan oleh Ernest Rutherford menggugurkan model atom Thomson adalah percobaan hambburan Partikel Alfa (α). Akhirnya Rutherford menciptakan suatu model atom sebagai berikut:


1. Pada atom terdapat inti atom yang merupakan konsentrasi muatan positifatom berukuran kecil tetapi memiliki massa yang besar yaiut 99,99% dari massa total atom.

2. Sebagian besar ruang dalam atom merupakan ruang kosong.
3. Muatan negatif (elektron) bergerak mengitari inti atom pada jarak tertentu sepertihanya pada sistem tatasurya

gaya tarik-menarik antar inti dan elektron sama besar dengan gaya sentrifugal yang bekerja pada elektron
gaya tarik menarik inti atom dan elektron

keterangan:

Kelemahan teori atom Rutherford :
1. jika muatan elektron mengitari inti maka elektron akan kehabisan energi sehingga lama-kelamaan akan masuk ke inti.


2. spektrum atomnya kontinu padahal harusnya berbentuk diskrit yang berbentuk spektrum garis


Model Atom Neils Bohr

Spektrum garis atom hidrogen akhirnya berhasil dijelaskan oleh neil bohr seorang fisikawan asal Denmark pada tahun 1913. model atom bohr merupakan penyempurnaan model Atom Rutherford dengan mengemukakan 2 postulat yaitu:
Model Atom Neils Bohr

1. Elektron berputar mengelilingi inti pada lintasan tertentu yang dikenal dengan lintasan stasioner tanpa melepas atau menyerap energi dengan besar momentum sudut sebagai berikut:

Keterangan :  


2. Elektron dapat berpindah dari lintasannya ke lintasan yang lebih rendah jika melepaskan energi (berupa foton) dan ke lintasannya yang lebih tinggi jika mendapat energi


No comments

Komentar yang sopan ya! Terimakasih

Powered by Blogger.