Header Ads

Kemagnetan

Adik-adik apa kabar kalian, kalian mungkin sedang duduk di bangku kelas 9 SMP kali ini kak yusuf akan memberikan materi kelas 9 smp tentang Magnet kita akan belajar bagaimana cara membuat magnet, cara menghilangkan sifat kemagnetan, benda-benda yang di tarik magnet dan kemagnetan Bumi.


Sifat-sifat Bahan Magnet

1. Feromagnetik : benda-benda yang di tarik kuat dengan mangnet

misalnya besi, baja,nikel, dan kobalt

2. Paramagnetik : benda-benda yang di tarik tapi lemah oleh magnetik

misalnya aluminium, platina dan Magnesium

3. Diamagnetik : benda yang di tolak oleh magnet

Misalnya Bismut, Emas, Seng, Timah


Jenis-jenis magnet

a. Macam magnet menurut bentuknya
jenis magnet menurut bentuknya, magnet batang, magnet jarum, magnet tapal kuda


Menurut bentuknya, magnet dapat dibedakan menjadi :

1) magnet batang,

2) magnet jarum,

3) magnet ladam atau magnet tapal kuda atau magnet U, serta

4) magnet silinder.

b. Macam magnet menurut asalnya

Menurut asalnya magnet dapat dibedakan menjadi magnet alam dan magnet buatan.

1) Magnet alam yaitu magnet yang tersedia di alam

2) Magnet buatan yaitu magnet yang dibuat oleh manusia.


c. Macam magnet menurut sifatnya

Menurut sifatnya magnet dapat dibedakan menjadi :

1) Magnet tetap (permanen)

2) Magnet tidak tetap (sementara)


SIFAT MAGNET

1. Kutub magnet yang selalu menghadap ke arah utara disebut kutub utara magnet, sedangkan kutub yang selalumenghadap ke arah selatan disebut kutub selatan magnet.

2. Kutub Sejenis akan tolak menolak dan kutub tak sejenis tarik menarik

3. 

Medan magnet

Daerah atau ruang di mana masih ada pengaruh magnet disebut dengan medan magnet. Medan magnet tidak dapat kita dilihat, namun dengan bantuan serbuk besi kita dapat melihat gambaran dari medan magnet tersebut dengan cara sebagai berikut : letakkan magnet batang di bawah selembar kertas, kemudian di atas kertas taburkan serbuk besi secara merata dan ketuklah kertas perlahan-lahan maka akan terlihat pola.Medan magnet dapat digambarkan dengan garis gaya magnet, 

dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet "permanen"). Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut. 

yang mempunyai sifat sebagai berikut.

a. Garis-garis medan magnet menunjukkan arah di mana sebuah kutub utara magnet yang bebas akan bergerak.

b. Makin rapat garis gaya magnet berkumpul, makin kuat medan magnetnya Cara membuat magnet


Cara Membuat Magnet

Pada saat kita membicarakan macam-macam magnet, kita ketahui adanya magnet buatan yaitu magnet yang dibuat oleh manusia. Ada 3 cara untuk membuat magnet sebagai berikut :

Di gosok

Baja atau besi dapat menjadi magnet setelah digosok oleh magnet permanen. Mengapa hal ini terjadi? Menurut teori kemagnetan, setiap bahan magnetik tersusun oleh magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Bahan magnet permanen memiliki susunan magnet elementer yang arahnya teratur, sedangkan pada bahan yang belum menjadi magnet arah magnet elementernya tidak teratur. Maka bisa di buat teratur dengan cara di gosok dengan menggunakan magnet di gosok searah.
membuat magnet dengan cara di gosok
 
lalu untuk menentukan kutub-kutub magnet kita lihat saja kutub terakhir yang meninggalkan besi adalah kutub berlawanan seperti pada gambar
mementukan kutub magnet dengan cara membbuat magnet dengan di gosok
  Induksi magnet

Sebatang besi atau baja didekatkan pada sebuah magnet, sehingga batang besi atau baja tersebut menjadi magnet. Peristiwa batang besi atau baja menjadi magnet karena sebuah magnet yang ada didekatnya disebut induksi magnetik. Jadi cara membuat magnet seperti itu disebut cara membuat magnet dengan induksi 
membuat magnet dengan cara induksi magnet


Induksi Listrik 
Sebatang besi dapat dibuat menjadi magnet dengan cara dimasukkan ke dalam kumparan yang terdiri atas beberapa lilitan kawat penghantar (solenoida) yang dialiri arus listrik searah.Cara tersebut lebih baik dari cara menggosok dan induksi sebab dengan cara arus listrik ini dapat dibuat magnet yang kuat yaitu dengan cara memperbanyak jumlah lilitan kawat penghantar


Cara menghilangkan sifat magnet


Magnet buatan tidak selamanya menjadi magnet. Magnet buatan akan hilang sifat kemagnetannya bila sumber magnet dihilangkan sehingga dinamakan magnet sementara. Namun ada pula magnet yang sumber magnetnya dihilangkan tetapi sifat kemagnetannya tetap dinamakan magnet tetap.

Selain dapat dibuat, magnet juga dapat dihilangkan. Sifat kemagnetan pada

benda dapat dihilangkan dengan cara :
1. Di Panaskan
2. DiPukul
3. Dialiri Arus Bolak-balik

Kedua proses ini menyebabkan atom-atom magnet bergetar lebih kuat dan mengganggu keteraturan magnet-magnet elementer. Magnet-magnet elementer yang tadinya segaris menjadi arahnya sembarangan, sehingga benda kehilangan sifat magnetiknya.


MEDAN MAGNET BUMI


Jika kita perhatikan posisi magnet jarum kompas, dalam keadaan bebas selalu menghadap sekitar arah utara-selatan. Walaupun magnet jarum kompas tersebut diputar, setelah dalam keadaan diam jarum kompas tetap menghadap sekitar arah utara dan selatan. Bumi bersifat sebagai magnet, di mana kutub-kutub magnet bumi tidak berimpit dengan kutub-kutub bumi.

Di sekitar Kutub Utara bumi terdapat Kutub Selatan magnet bumi. Di sekitar Kutub Selatan bumi terdapat Kutub Utara magnet. Karena kutub-kutub magnet tidak berimpit dengan kutub-kutub bumi berakibat garis-garis gaya magnet bumi tidak berimpit arahnya dengan arah utara selatan.

Sudut penyimpangan arah utara selatan yang sebenarnya disebut deklinasi

Sudut yang dibentuk oleh magnet dengan garis mendatar disebut inklinasi


MEDAN MAGNET DI SEKITAR KAWAT BERARUS LISTRIK


Dari hasil percobaan yang dilakukannya, Oersted mendapat kesimpulan bahwa di sekitar penghantar berarus listrik terdapat medan magnet. Jika kamu menaburkan serbuk besi di sekitar penghantar berarus listrik, kamu akan melihat pola garis gaya yang ditunjukkan pada Gambar.

Kaidah tangan kanan
keterangan:
I = Kuar Arus Listrik (ampere)
B = Medan Magnet (Tesla)
F = Gaya Magnet (N) 


Gaya Lorentz


Gaya yang dialami oleh penghantar berarus listrik di dalam medan magnet disebut gaya lorentz.
Dimana :

I = kuat arus (Ampere)

F = gaya magnet (N)

B = medan Magnet(Tesla)

l  = adalah panjang kawat (m)

sudtnya adalah yang di bentuk oleh Medan magnet dan Kuat Arus


diperoleh bahwa gaya lorentz semakin besar jika :

a. semakin kuat medan magnetnya,

b. semakin besar kuat arusnya, serta

c. semakin panjang bagian kawat yang menerima gaya. Jika arah arus listrik tegak lurus terhadap arah medan magnet maka besar gaya

No comments

Komentar yang sopan ya! Terimakasih

Powered by Blogger.